Breaking News

Dua Minggu Diterjang Banjir, Puluhan Ribu Warga Tebo Menderita Alergi Kulit.

 

Akibat Banjir Warga Gunakan Rakit Untuk Menyeberangkan Kendaraan Roda Dua. Saat ini Kondisi Banjir di Kabupaten Tebo Berangsur Surut. 

GERBANGINFORMASI. COM, MUARA TEBO - Sekitar 10 Warga alami alergi kulit akibat dampak banjir yang melanda di 9 Kecamatan dalam Kabupaten Tebo selama dua Minggu terakhir.

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Dinas Kesehatan, dr. Riana Elizabeth saat dikonfirmasi Kamis (18/1) kemarin. 

dr Riana mengatakan bahwa saat ini posko kesehatan sudah mulai dihentikan dan dikembalikan ke puskesdes dan puskesmas terdekat.

"Kalau jumlah pengunjung warga di posko kesehatan selama banjir sekitar 10 ribu orang, kebanyakan keluhannya ialah alergi kulit" ujar Riana.

Saat ini pengunjung tiap posko kesehatan mulai jauh berkurang karena kondisi banjir di berbagai wilayah mulai surut, sehingga pelayanan kegiatan dipusatkan di poskesdes dan puskesmas terdekat.

"Saat ini kunjungan sudah berkurang. Jadi kita pusatkan saja ke puskesdes maupun puskemas terdekat" terang Riana.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo mengaku, ada 43 posko pelayanan kesehatan didirikan selama bencana banjir di Kabupaten Tebo. Yang tersebar di 10 kecamatan. 

“Kita punya 43 posko yang tersebar di 10 kecamatan, dan setiap harinya ada nakes yang standby di posko tersebut untuk memberikan layanan kesehatan" kata Riana.

Untuk suplai obat masih aman, dan telah disalurkan dari gudang Dinkes Tebo ke puskesmas yang ada di Kabupaten Tebo, untuk di salurkan ke posko banjir. 

Tidak hanya penyakit kulit kata Riana, masyarakat juga diminta untuk waspada terhadap nyamuk demam berdarah atau DBD. 

Selama musibah banjir ini, ada 23 pos kesehatan desa atau poskesdes yang dilaporkan terendam banjir. (wan)

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com