Breaking News

Kabar Anis Baswedan Ditangkap KPK Viral, Ini Kebenarannya.




Gi.com, Jakarta - Ramai beredar kabar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditahan KPK. Kabar itu beredar di media sosial (medsos) Facebook hingga YouTube.


Kabar itu salah satunya beredar melalui sebuah video yang diunggah di Facebook dengan menggunakan keterangan (caption) "VIRAL ~ Dokumen Rahasia Diserahkan Bikin Anies Tak Berkutik, KPK Edy Prasetyo".


Bersamaan di postingan tersebut, terdapat video dengan tulisan "KABAR MENGEJUTKAN..!! ANIES RESMI DITAHAN KPK" dan "EDY PRASETYO SERAHKAN DOKUMEN2 PENTING ISI NYA MENGEJUTKAN".


Postingan itu diunggah akun bernama Youtube Channel lewat siaran langsung pada 10 Februari pukul 16.41. Video dalam postingan tersebut berdurasi 10 menit tiga detik.


Dalam tangkapan layar (screenshot) yang beredar, postingan itu telah disukai 6,8 ribu pengguna, mendapatkan komentar lebih dari dua ribu pengguna, dan dibagikan ulang kepada 448 pengguna lain.


Namun, postingan itu sudah tak bisa ditemukan lagi saat dilakukan pencarian pada Jumat (25/2/2022).


Penelusuran


Dilansir Antara, unggahan video akun Facebook Youtube Channel berjudul "BERITA VIRAL ~ Dokumen Rahasia Diserahkan Bikin Anies Tak Berkutik, KPK Edy Prasetyo" itu merupakan konten milik akun YouTube Dunia Berita yang diposting pada 10 Februari 2022.


Namun, sampul depan unggahan video itu, seperti dilihat Antara pada 23 Februari 2022, mengalami proses penyuntingan dan berubah menjadi "Resmi ditahan KPK".


Video itu berisi kehadiran Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi ke KPK untuk menyerahkan dokumen dan memberikan keterangan terkait Formula E kepada penyidik KPK.


Prasetyo menyerahkan dokumen sekaligus memberikan keterangan soal balap mobil listrik Formula E kepada penyidik KPK pada 8 Februari 2022.


Wawancara video itu merupakan cuplikan dari pemberitaan sejumlah media televisi tentang kehadiran Prasetyo Edi ataupun wawancara dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.


Namun video itu justru tidak menunjukkan ada keterangan dari narasumber atau bukti visual terkait penahanan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


Kondisi Anies


Sementara itu, diketahui Anies Baswedan masih beraktivitas sebagai Gubernur DKI Jakarta. Berdasarkan postingan di akun Instagramnya, @aniesbaswedan, Anies sempat mengikuti peluncuran Tunnel Boring Machine MRT Fase 2A bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (24/2).


Sementara pada Rabu (23/2), Anies bertemu dan berdiskusi dengan Menteri Perdagangan Internasional Inggris (@uktrade), Rt Hon. Anne-Marie Trevelyan, di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia.


Sumber : Detik.com

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com