Breaking News

Tangkal Covid-19, Coba Dengan 7 Resep Buah ini.




Gi.com, Kesehatan - Imunitas tubuh bisa diperkuat dengan asupan vitamin dan mineral. Salah satu sumbernya, jus buah dan sayur yang enak ini. Cocok diminum saat hadapi pandemi Covid-19.


Memperkuat imunitas tubuh bisa dengan berbagai cara. Selain melakukan aktivitas fisik, cukup istirahat, dan menghindari stress, memilih makanan sehat adalah kuncinya.


Makanan sehat yang mengandung banyak vitamin dan mineral sangat diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan normal. 


Nutrisi dalam makanan sehat juga bisa memperkuat imunitas tubuh untuk melawan serangan bakteri dan virus.


Ada beberapa buah dan sayur yang terkenal dengan manfaatnya untuk perkuat imunitas. Kamu bisa meraciknya jadi jus atau smoothies agar rasanya lebih enak dan nutrisi yang didapat lebih beragam.


Berikut 7 resep jus buah dan sayur untuk perkuat imunitas di tengah pandemi Covid-19:


1. Apel, wortel, dan jeruk

Jus asam segar ini tinggi kandungan vitamin C. Kamu bisa meracik apel hijau, wortel, dan jeruk. Kombinasi nutrisi dari ketiganya bisa membantu tubuh melawan infeksi.


Ada kandungan antioksidan beta karoten dalam wortel yang mendukung imunitas tubuh yang kuat. Wortel juga mengandung vitamin B6 yang punya peranan penting untuk proliferasi sel imun dan produksi antibodi. Supaya rasa jus makin enak, kamu bisa menambahkan sedikit jahe atau lemon jika suka.


2. Bit, wortel, jahe, dan apel

Jus apel, wortel, bit, hingga jahe bagus untuk menguatkan imunitas tubuh. Tiga sayuran akar yaitu bit, wortel, dan jahe memiliki nutrisi super untuk menguatkan imunitas tubuh dan mengurangi gejala inflamasi. Tambahkan juga apel untuk mendapat asupan mineral, potasium, dan vitamin C.


Kombinasi bahan dalam jus ini bisa mengurangi gejala batuk, pilek, dan nyeri tubuh. Aroma dan rasa buah bit yang mungkin seperti tanah bakal terbantu dengan pemakaian jahe yang aroma dan rasanya menyegarkan.


3. Tomat

Mau bikin jus simpel untuk perkuat imunitas? Coba bikin jus tomat. Di balik rasanya yang asam, manis, dan segar, tomat kaya vitamin B9 alias folat yang membantu menurunkan risiko infeksi.


Tomat juga mengandung sejumlah magnesium yang bersifat antiinflamasi. Nutrisi lainnya adalah vitamin A, B6, C, dan K. Jus tomat bakal lebih enak jika dicampur sedikit daun seledri, gula, dan garam.


4. Stroberi dan kiwi

Rasanya segar, inilah paduan jus stroberi dan kiwi. Punya stok stroberi dan kiwi di kulkas? Coba olah jadi jus penambah imunitas. Keduanya tinggi kandungan vitamin C yang punya peranan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


Supaya makin enak dan nutrisinya makin lengkap, kamu juga bisa menambahkan susu dan Greek yogurt dalam racikan jus ini. Kandungan vitamin dan mineralnya dijamin lengkap!


5. Stroberi dan mangga

Selain dengan kiwi, stroberi juga enak diracik dengan mangga. Tambahkan susu almond untuk menyempurnakan nutrisinya. Vitamin E dari mangga dan susu almond memberi tambahan asupan antioksidan yang bermanfaat untuk imunitas tubuh, terutama pada orang dewasa.


Nutrisi lain yang terkandung di dalam jus ini antara lain kalsium, potasium, vitamin A, vitamin B6, vitamin B9, C, dan D. Segar enak!


6. Semangka dan mint

Selain bisa menguatkan imunitas, jus semangka dan mint terasa menyegarkan. 

Banyak orang suka semangka karena teksturnya yang penuh air dan rasanya menyegarkan. Semangka mengandung vitamin C, arginine, dan citrulline yang sifatnya bagus untuk daya tahan tubuh. Manfaat lainnya adalah membantu meredakan nyeri otot.


Selain dengan daun mint, jus semangka juga enak dipasangkan dengan buah lain seperti apel dan jeruk. Menu ini bisa jadi ide minuman sarapan dan minuman di siang hari.


7. Mentimun dan bayam

Jus buah dan sayur untuk perkuat imunitas selanjutnya adalah jus hijau berbahan utama mentimun dan bayam. Supaya rasanya makin enak, tambahkan seledri, jahe, dan perasan air lemon.


Paduan jus hijau ini bisa mengurangi inflamasi dan menyehatkan pencernaan. Meraciknya juga mudah karena tinggal mencampur semua jadi satu.

 

Artikel ini telah tayang di detikfood, dengan judul "Tangkal Covid-19! Ini 7 Resep Jus Buah dan Sayur untuk Perkuat Imunitas.


Sumber : Detik.com

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com