Breaking News

Berantas Mafia Tanah di Muaro Jambi, Kejari Bentuk Tim.



Gi.com, Muaro Jambi - Luasnya wilayah Kabupaten Muaro Jambi yang mencapai 5264 Km², sangat berpotensi menimbulkan para mafia mafia tanah. Pasalnya wilayah ini banyak sekali terdapat area perkebunan, pemukiman dan juga lahan gambut yang belum terkelola dengan baik. 

Menyikapi mafia tanah, Kepala Kejaksaan Negeri Muaro Jambi Kamin, SH MH melalui Kasi Intelijen Ahmad Fauzan, SH MH saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan keberadaan mafia tanah tentu akan meresahkan masyarakat dan berimplikasi terhadap terhambatnya proses pembangunan baik daerah maupun nasional.

Selain itu, para mafia tanah juga rentan memicu konflik sosial serta menurunkan daya saing. Bahkan para mafia tanah tersebut telah berafiliasi dengan oknum oknum pada berbagai lembaga pemerintah.

Guna memberantas mafia tanah  di wilayah Muaro Jambi, pihak Kejaksaan Negeri Muaro Jambi saat ini telah membentuk Tim Pemberantasan Mafia Tanah. Tim tersebut terdiri dari Tiga Bidang, Bidang Intelijen, Bidang Tindak Pidana Khusus dan Bidang Tindak Pidana Umum. Tim Mafia Tanah yang telah dibentuk akan berkomitmen memberantas praktek mafia tanah di wilayah hukum Kabupaten Muaro Jambi.


“Tim Pemberantasan Mafia Tanah yang kita bentuk ini, nantinya akan bekerja mulai dari menerima laporan pengaduan, kemudian memastikan apakah objek yang dilaporkan itu ada unsur pidananya atau tidak, kemudian apakah murni sengketa antar
 warga, atau diakibatkan oleh para mafia tanah yang bekerjasama dengan oknum pejabat. Nah itu akan kita pilah pilah dulu, sebelum menentukan tindakan lanjutannya,” sebutnya.

Lanjutnya, tidak hanya menerima laporan dari masyarakat, Tim ini nantinya juga akan turun langsung kelapangan berusaha mencari informasi adanya praktek mafia tanah di wilayah Kabupaten Muaro Jambi.

“Kami juga akan berikan perlindungan kepastian hukum pada masyarakat yang menjadi korban sindikat mafia tanah,  dan  sesegera mungkin  akan  mengantisipasi jika terjadi pergolakan dan gesekan ditengah  masyarakat,” timpal Ahmad Fauzan, SH MH Kasi Intelijen Muaro Jambi.

Meski tim Mafia Tanah sudah dibentuk, Ahmad fauzan mengakui, hingga saat ini pihaknya belum menerima satupun laporan pengaduan adanya mafia tanah di wilayah hukum Kabupaten Muaro Jambi.

“Hingga saat ini belum ada satupun laporan yang masuk. Kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Muaro Jambi, jika ada mafia tanah, atau menjadi korban para mafia tanah, laporkan saja ke Kejari Muaro Jambi. Kami siap menindak lanjutinya sesuai dengan proses hukum yang berlaku, ataupun boleh melalui  WA dengan nomor  0811-1300-8010,” tandasnya. (Jun)

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com