Breaking News

Kepala Bappeda Taufik Hidayat : Musrenbang RKPD Wahana Pertemukan Pemangku Kepentingan Wujudkan Pembangunan Daerah

 


Gi.com, Muaro Jambi - Kepala Bappeda Muaro Jambi,  Taufik Hidayat, menyebutkan, sesuai Permendagri Nomor 86 tahun 2017, perihal tahapan penyusunan perencanaan pihaknya telah melaksanakan pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan dari tanggal 09 Februari, sampai dengan 18 Februari 2022 di Sebelas Kecamatan dalam wilayah Kabkupaten Muaro Jambi.

"Kemudian Forum Konsultasi Publik penyempurnaan rancangan awal RKPD tanggal 8 Maret 2022 lalu," katanya.

Selanjutnya  pelaksanaan Forum Lintas Perangkat Daerah yang dilaksanakan pada 15 maret maret 2022 sampai dengan 17 lalu.

Musrenbang RKPD adalah forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten di wilayah kecamatan.

"Dasar pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten 2023 tahun 2022 Muaro Jambi tahun 2019 didasarkan atas Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menetri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017," jelasnya.

Dijelaskannya, maksud dan tujuan diselenggarakan Musrenbang RKPD adalah wahana yang mempertemukan seluruh pemangku kepentingan, sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif seluruh elemen masyarakat dalam merumuskan perencanaan pembangunan daerah.

"Sedangkan tujuan Musrenbang RKPD adalah untuk menyepakati beberapa hal antara lain permasalahan pembangunan kabupaten Muaro Jambi, prioritas pembangunan daerah, menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi dan penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi dan nasional," tuturnya. (Adv/Jun)

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com