Breaking News

Aktifitas Penimbunan, Sebabkan Jalan Nasional di Mestong Jadi Banjir.

 


Gi.com, Muaro Jambi - Aktifitas penimbunan untuk alih fungsi lahan yang berada di Desa Pondok Meja Kecamatan Mestong Muaro Jambi diduga sebabkan banjir hingga ke ruas Jalan Nasional Jambi – Palembang tepatnya di Pall11, 12, 14, 15 dan 17 Desa Pondok Meja.

Kapala Desa Pondok Meja Martoyo saat dikonfirmasi menyebutkan, sebelum adanya aktifitas penimbunan milik salah satu pengusaha disana, sejak jaman dahulu Jalan Nasional Jambi – Palembang tepatnya di Pall 14 Pondok Meja tidak pernah terjadi banjir dadakan yang disebabkan oleh hujan deras. 

“Dari dulu, dak pernah di Pall 14 ini kena banjir, apalagi cuma karna hujan deras. Sekarang dengan adanya aktifitas penimbunan, bila hujan deras, cepat sekali banjirnya,” sebut Kades Pondok Meja Martoyo. 

Dijelaskannya, atas aktifitas penimbunan yang menyebabkan banjir tersebut, menyebabkan warga nya dirugikan karena terdampak banjir. Menyikapi persoalan itu, pihak Pemerintahan Desa Pondok Meja telah memanggil pemilik tanah yang melakukan aktifitas penimbunan itu ke Balai Desa untuk mencari solusi jalan terbaik. 

“Jadi kemarin kami sudah memanggil yang punya tanah, namanya Pak Candra, dulu waktu tanah itu belum ada aktifitas penimbunan, parit yang ada disitu tidak terjadi penyempitan, dak pernah banjir.  Tapi setelah ada aktifitas itu, tanahnya itu jatuh menutupi sungai kecil atau parit disebalahnya,  sehingga terjadilah penyempitan. Akibatnya, jika hujan deras turun, maka dipastikan disini menjadi banjir, dan warga yang terkena imbasnya,” sebut Kades Martoyo. 

Martoyo juga menjelaskan, saat musyawarah di Balai Desa Pondok Meja dengan pemilik tanah, menghasilkan beberapa kesepakatan, diantaranya pemilik tanah bersedia menghibahkan tanahnya untuk pembuatan parit atau pembersihan saluran pembuangan air dengan lebar 1,5 meter. Atas kesepakatan itu, telah dibuatkan berita acaranya. 

 “Setelah berita acara dibuat, kami dari Pemdes menyurati Pemkab dalam hal ini Dinas PUPR Muaro Jambi untuk menurunkan alat berat. Nah setelah pihak PUPR menurunkan alat berat dan melakukan penggalian pembuatan parit, baru separuh jalan, tiba tiba Pak Candra (Pemilik Tanah) ini melakukan penyetopan, dak boleh lagi tanahnya digali dan merasa keberatan,  beliau mengaku dirugikan dengan aktifitas penggalian yang dilakukan oleh pihak PUPR itu. Bahkan informasi nya, dia ingin melaporkan saya ke Polda karena telah memberikan ijin kepada Dinas PUPR melakukan aktifitas di tanah dia tanpa izin darinya. Padahal kan dalam rapat dia membolehkan, jadi saya bingung juga,” sebutnya.

“Sekarang ni, kalau dia mau lapor Polda silahkan, berita acaranya ada, saksi masyarakat yang hadir waktu itu juga ada dan ramai warga yang datang waktu itu. Selama ini untuk kepentingan masyarakat banyak, saya akan tetap perjuangkan. Kasian warga saya, setiap kali hujan deras selalu kebanjiran, sampai masuk kedalam rumah, tempat tidurnya basah. Kan kasian,” timpal Kades. 

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Muaro Jambi saat ditemui di ruang kerjanya kemarin membenarkan jika pihaknya telah menerima surat permohonan bantuan untuk menurunkan alat berat dari Pemdes Pondok Meja. 

“suratnya sudah kami terima, bahkan alat berat pun sudah kami turunkan ke lokasi waktu itu, namun sangat disayangkan, baru separuh kerja, tiba tiba kami di stop oleh pemilik tanah. Atas kejadian itu, alat berat sudah kami tarik lagi ke kantor,” Jelasnya. 

Jika ini tidak dilakukan penanganan dengan serius, tidak mustahil jika hujan deras tiba, maka lokasi ini akan selalu dihantui dengan genangan dan banjir dadakan. 

Karnanya ia berharap, masyarakat sekitar, terutama tanahnya yang berada di dekat saluran atau anak sungai, dapat mengizinkan pihak Pemkab untuk melakukan penggalian atau pembersihan, agar air bisa mengalir dengan maksimal, sehingga banjir dadakan bisa segera teratasi. 

“Jika mau diatasi, maka warga yang punya tanah di sekitaran lokasi itu, duharapkan memberikan hibah lokasi, supaya bisa dilakukan penanganan, jika tidak, ya kami tidak bisa melanjutkan penanganan. Resiko nya akan selalu banjir jika hujan deras datang,” tandasnya.  (Jar)

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com