Breaking News

Ini Besaran Zakat Fitrah di Muaro Jambi. Simak Penjelasannya !!!

 


Gi.com, Muaro Jambi -
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muaro Jambi telah mengumumkan besaran Zakat Fitrah yang wajib dikeluarkan oleh Wajib Zakat tahun 1443 Hijriah / tahun 2022 ini.

Kepala kementerian Agama Kabupaten Muaro Jambi melalui Kasi Zakat Wakaf Zubandi, S.ThI, mengatakan bahwa besaran zakat fitrah untuk masyarakat Kabupaten Muaro Jambi yang sudah disepakati telah diumumkan dan sudah sebarluaskan.

Dikatakannya, untuk kelancaran pelaksanaan dan kesempurnaan pembayaran zakat fitrah bagi umat Islam pada tahun 1443 Hijriyah / 2022 Masehi, dan sesuai dengan hasil rapat bersama antara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muaro Jambi, Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Muaro Jambi dan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Muaro Jambi serta memperhatikan daftar isian harga rata-rata bahan pokok pangan Kabupaten Muaro Jambi dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muaro Jambi tanggal 7 April 2022, untuk pembayaran atau penunaian zakat fitrah tahun 1443 Hijriyah dapat dilaksanakan sebagai berikut :

1.      Menurut Imam Abu Abdullah Muhammad bin Idris As Syafi'iyah atau Imam Syafi'i mengeluarkan zakat fitrah wajib dengan makanan pokok atau beras 2,5 kilogram.

2.      Menurut Imam Abu Abdullah Muhammad bin Idris As Syafi'i (Mazhab Syafi'i) dan Imam Ahmad bin Hambal (Mazhab Hambali) imam Malik bin Anas (Mazhab Maliki) tidak boleh mengeluarkan zakat fitrah dengan uang.

3.      Menurut Imam Nu'man Bin Tsabit bin zuta bin mahan attaimy / Abu Hanifah atau (Mazhab Hanafi) boleh mengeluarkan zakat fitrah dengan uang sesuai dengan nilai bahan makanan pokok yang wajib dizakatkan.

4.      Ukuran zakat fitrah dalam Mazhab Syafi'i dan dan jumhur ulama adalah 4 mud atau lebih kurang 2,5 kg beras atau makanan pokok.

5.      Ukuran zakat fitrah menurut Imam Hanafi adalah 8 rihti atau 3,8 kg makanan pokok.

Lanjutnya, dengan demikian untuk kelancaran pelaksanaan pembayaran zakat fitrah tahun 1443 Hijriah 2020 sebagai berikut :

1.      bagi yang menunaikan zakat fitrah menggunakan makanan pokok atau beras menurut jenis beras yang biasa dikonsumsi oleh masing-masing Muzakki atau Wajib Zakat adalah dengan ukuran 2,5 kg per orang.

2.      Bagi yang menunaikan zakat fitrah dengan uang dapat membayar dengan rincian sebagai berikut :

A.    Harga Beras Kualitas Tertinggi Sebesar Rp14.000 X 3,8 kg = Rp 54000.

B.     Harga Beras Kualitas Sedang Sebesar Rp 11.500 x 3,8 kg = Rp 44.000

C.     Harga Beras Kualitas Rendah sebesar Rp 9.000 X 3,8 kg = Rp 35.000

“Dari hasil rapat bersama, antara Kemenag Muaro Jambi, Majlis Ulama Muaro Jambi dan juga Basnaz Muaro Jambi telah ditetapkan besaran zakat jika dibayarkan dengan uang, tertinggi Rp 54.000, Sedang Rp 44 ribu dan Rendah Rp 35 ribu,” Tandasnya. (Jun)

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com