Breaking News

Siaga Mudik dan Lebaran, Dinkes Siagakan Puskemas Jalur Mudik 24 Jam.

 


Gi.com, Muaro Jambi - Menghadapi arus mudik Lebaran Idul Fitri 2022, seluruh Puskemas yang ada di Kabupaten Muarojambi diinstruksikan untuk siap siaga selama 24 jam. Langkah tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kegawatdaruratan pada saat masyarakat melakukan perjalanan pulang kampung.

“Pada tahun ini diperkirakan akan terjadi eforia mudik setelah dua tahun tidak ada, sehingga diperkirakan akan terjadi lonjakan pemudik. Karena itulah, guna mengantisipasi terjadinya kegawatdaruratan, maka sesuai arahan Bupati, maka kami dari Dinas Kesehatan sudah menginstruksikan agar seluruh Puskesmas yang ada, terutama di jalur mudik, untuk siaga selama 24 jam,” ujar Afifudin Kepala Dinas Kesehatan Muarojambi. 

Dikatakannya, selain menyiagakan Puskesmas yang ada di jalur mudik 24 jam non stop, Puskemas yang tidak dilalui jalur mudik juga sama sama standby 24 jam. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi jika ada warga keracunan makanan. 

"Suasana lebaran itu kan, tentu banyak masyarakat yang datang dan berkunjung dari rumah ke rumah, nah tentu banyak pula makanan yang tersaji dan dikonsumsi, kita khawatir nanti ada terjadi keracunan makanan, atau ada yang alergi, makanya Puskemas yang tidak di jalur mudik pun juga sama sama di Standby kan 24 Jam guna mengantisipasi hal itu," sebutnya. 

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat agar dapat menghindari makanan yang terlalu manis, terlalu Pedas, atau terlalu menyengat dan terlalu asam.   

"Makanan itukan memiliki sifat porosit, jadi jangan terlalu berlebihan. Konsumsi secukupnya saja agar tidak menimbulkan penyakit," Imbaunya. (Jar) 

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com