Breaking News

Ucapan Borju, Jadi Perhatian Presiden RI Joko Widodo


Gi.com, Muaro Jambi - Kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Candi Muaro Jambi disambut hangat oleh masyarakat Jambi. 

Setelah turun dari kendaraan RI 1, Presiden Jokowi yang berjalan mengunjungi Candi Muaro Jambi disambut teriakan oleh salah satu masyarakat yang cinta dengan keberadaan Candi Muaro Jambi. 

Seperti yang tersebar di grup WA, diketahui saat Presiden tengah berjalan menuju kawasan candi, tiba tiba seseorang berkata 'Pak Jokowi Selamatkan Kawasan Candi Muaro Jambi dari Stok file Batubara' ucapan tersebut dijawab oleh Presiden Jokowi, 'Dimana Tempatnya' itu disana di sebrang Desa Muaro Jambi. Isi percakapan didalam video tersebut. 


Tak lama kemudian terlihat Presiden RI Joko Widodo berbincang ringan dengan Gubernur Jambi sembari ingin mengetahui ucapan yang dilontarkan oleh warga tersebut sambil berjalan menuju tempat acara. 

Untuk diketahui menjadikan KCBN Muaro Jambi sebagai destinasi wisata super kualitas agaknya masih menemui rintangan. Peninggalan kejayaan peradaban kuno di Cagar Budaya Muaro Jambi masih terancam oleh stockpile industri tambang batu bara.

Stockpile adalah tempat penumpukan batu bara. Batu bara di stockpile yang berada di KCBN Muaro Jambi itu didatangkan dari sejumlah daerah di Jambi, kemudian diangkut kapal tongkang lewat jalur perairan Sungai Batang Hari.

Di tengah menyisakan kejayaan peradaban masa lampau, situs Percandian Muaro Jambi yang menyandang predikat Cagar Budaya Nasional itu sudah lama terancam oleh aktivitas industri. Industri batu bara itu berada di dalam Kawasan Cagar Budaya Muarajambi, terutama di kawasan sisi selatan seberang Sungai Batanghari di Desa Muara Jambi.

Bangunan candi yang menjadi saksi bisu peradaban masa lampau masih terkepung alat berat, pabrik, dan industri stockpile batu bara. Kawasan Cagar Budaya yang berada di sisi selatan Desa Muara Jambi itu seakan tak berdaya menghadapi stockpile batu bara sejak satu dekade terakhir. (Jun)

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com