Breaking News

Artis Ibukota Meriahkan Pengukuhan 4 Kades di Jakuko Jadi Pemangku Adat Desa


Gi.com, Muaro Jambi -  Setelah mengukuhkan beberapa Kepala Desa (Kades) menjadi pemangku adat diberbagai Kecamatan, kini giliran 4 Kades yang dilantik oleh Bupati Muaro Jambi Hj Masnah Busro.

Kali ini Masnah melantik dan mengukuhkan empat kepala desa di Kecamatan Jambi Luar Kota sebagai pemangku adat. Gelar yang disematkan pada kades masih sama seperti yang sebelumnya, yaitu Datuk Penghulu.

Adapun empat kades yang dikukuhkan sebagai Datuk Penghulu, yaitu Datuk Rasyid Kades Pematang Jering, Datuk Sahrudin SE, Kades Sembubuk, Bambang Santoso Kades Mendalo Darat dan Datuk Wasono Kades Rengas Bandung. 

Pelantikan yang digelar di Desa Petang Jering itu juga dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan , Husairi, perwakilan anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi, beberapa kepala OPD, Camat, Kades serta ratusan masyarakat Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi.

Pengukuhan ini juga sekaligus melantik isteri (Nyai) Kepala Desa sebagai PKK Desa.

Kegiatan pengukuhan ini berlangsung meriah. Panitia menghadirkan artis Dangdut ibu kota yaitu Evi Tamala sebagai bintang tamu dan menyanyi bersam warga. 

Bupati Muaro Jambi Hj Masnah Busro dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada kepala desa yang barusaja dikukuhkan sebagai pemangku adat dan mendapatkan gelar Datuk Penghulu. "Selamat, semoga amanah," kata Masnah.

Masnah berharap agar Datuk Penghulu bisa menjalankan amanah dengan baik dan amanah serta merangkul simpatisan yang mendukung calon kades yang belum beruntung dalam pertarungan Pilkades serentak beberapa waktu lalu.

Katanya, jangan sampai ada perpecahan dan perbedaan dalam memimpin. Begitu juga dengan masyarakat agar bisa mendukung kades terpilih dalam menjalankan roda pemerintahan.

Kepala Desa Pematang Jering Rasyid dalam sambutannya menyebut jika dulunya Desa Pematang Jering termasuk desa yang terisolir bahkan jarang dikunjungi oleh orang luar. Namun seiring waktu berjalan, desa Petang Jering dan desa sekitar mulai berkembang. Bahkan sampai sekarang, desa ini merupakan pemasok ikan terbesar di Provinsi Jambi.

"Terimakasih pak Gubernur (diwakili Staf Ahli Gubernur, red). Ibuk bupati sudah hadir dalam kegiatan kami pado hari iko," kata Kades Pematang Jering, Rasyid.

Dia berharap kedepan Desa Petang Jering dan desa sekitar diperhatikan oleh pemerintah, baik itu dari Kabupaten Muaro Jambi maupun pemerintah provinsi Jambi. 

Sementara itu, Ketua LAM Kabupaten Muaro Jambi Amrullah menyebut jika Kades yang baru dikukuhkan ini sudah menjabat dua jabatan, yaitu sebagai Kepala desa dan sebagai Datuk Penghulu.

Sebagai seorang Datuk dan juga pimpinan didesa, mereka harus menjadi panutan. Melangkah dulu selangkah, bercakap (bicara,red) dulu sepatah. "Artinya sebagai pimpinan, harus jadi panutan," imbuhnya. (Jar)


© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com