Breaking News

Dua Santri Pondok Pesantren di Muaro Jambi Alami Penyakit Mirip Hepatitis

 

Dua orang santri disalah satu pesantren di Kabupaten Muaro Jambi diduga terserang penyakit mirip Hepatitis. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi Afifudin.

Dikatakannya, Santri yang diduga terserang penyakit mirip Hepatitis itu berasal dari Kota Jambi dan Batanghari. Kedua nya mengeluhkan sakit demam, mual muntah dan matanya sedikit menguning. "Iya dalam dua hari terakhir memang dilaporkan dari salah satu pesantren, ada dua orang yang demam mirip dengan penyakit Hepatitis," kata Afifudin. Jumat (13/05/22).

Kadis Kesehatan Muaro Jambi Afifudin menyebutkan kedua santri itu saat ini sudah pulang kerumahnya masing-masing.

Dikatakan Afifudin, sampai saat ini belum bisa dipastikan apakah itu memang Hepatitis atau tidak, namun gejalanya memang sedikit mirip. Untuk itu, pihaknya telah melakukan pemeriksaan secara klinis dilaboratorium Provinsi Jambi. "Kita belum tau Hepatitis apa, apakah A,B, C, D atau E ataupun misterius," kata Afifudin lagi. 

Bersama dua santri itu, pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap tujuh orang rekannya yang kontak erat dengannya. "Kita tunggu saja hasil pemeriksaan klinisnya," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Afif meminta kepada warga yang mengalami penyakit dengan gejala mirip Hepatitis untuk melaporkan ke Puskesmas terdekat, hal itu agar bisa ditangani secepatnya. "Kita juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat," tandasnya. (Jar)

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com