Breaking News

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pj Bupati Bachyuni Ajak Warga Jaga Lingkungan

 


Gi.com, Muaro Jambi - Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2022 di Provinsi Jambi dipusatkan di Desa Senaung Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi.

Kegiatan ini dihadiri oleh direktur dari Kementerian Lingkungan hidup, Gubernur Jambi, Pj Bupati Muaro Jambi dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah mengatakan dalam peringatan hari lingkungan hidup sedunia dengan tema payo bersama menyelamatkan dan merawat Sungai Batanghari.

Pemilihan tema ini mengajak kita semua untuk hadir bersama mencintai Sungai Batanghari menghargai pentingnya keselarasan antara manusia dengan alam melakukan pengelolaan lingkungan secara profesional hingga alam tetap lestari pembangunan di segala bidang tetap dapat dilanjutkan.

Lanjutnya kita semua harus merubah paradigma pembangunan yang dilaksanakan bukan hanya diwajibkan melakukan pengelolaan lingkungan semata, namun juga bagaimana perlindungan lingkungan dapat diwujudkan dengan perencanaan yang matang sehingga pembangunan dapat dilaksanakan dengan berwawasan lingkungan.

"Disinilah terdapat konsep keadilan kepada anggota masyarakat lain yang mendapatkan haknya untuk memperoleh lingkungan yang baik terutama keadilan kepada generasi yang akan datang dimana kekayaan alam ini diwariskan dari generasi ke generasi," kata Bachyuni.

Dia berharap momen peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang dilaksanakan pada saat ini, dapat menjadi rambu tanda siaga untuk terus berupaya dan bekerja keras mengatasi berbagai masalah lingkungan hidup yang banyak dan kompleks.

"Kerja keras kita In Sya Allah akan membuahkan hasil yang baik bagi kita semua," imbuhnya.

Untuk itu dirinya mengajak semua pihak untuk melestarikan alam dan lingkungan beserta keanekaragaman hayatinya karena merupakan anugerah tak ternilai dari Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia, kepada bangsa.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan dirinya sangat serius dengan gerakan sungai Batanghari bersih. Terkait itu, dirinya mengharapkan semua element ikut bersama-sama menjaga sungai Batanghari dari pencemaran.

“Kita harus memulai, meskipun kapan tercapainya, kita tentu tidak mau dicap bahwa kita tidak mimikirkan bagaimana supaya sungai Batanghari itu bersih,” kata Al Haris.

Al Haris melanjutkan melalui momen peringatan hari lingkungan hidup sedunia 2022, ada tugas yang luar biasa agar sungai Batanghari tetap bisa dimanfaatkan masyarakat Jambi.

“Sungai Batanghari ini banyak keanekaragaman hayati, budidaya ikan oleh masyarakat, wisata alam juga, dan ada 2 juta orang yang meminum air sungai Batanghari. Itu yang perlu kita mulai bersama-sama menjaga sungai Batanghari agar bisa bersih kembali,” ujarnya.

Gubernur Jambi menjelaskan dirinya bersama Bupati dan Wali Kota yang berkaitan dengan Sungai Batanghari sudah menandatangani fakta integritas untuk bersama-sama menjaga sungai Batanghari.

“Kita juga mengajak masyarakat yang tinggal khusus di pinggir sungai Batanghari ini, dari mulai Solok Selatan, Dharmasraya, Tebo, Bungo, Batanghari, Tanjab Timur kita harap komitmen agar menjaga sungai Batanghari,” katanya. (Jar)

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com