Breaking News

Kadisparpora, Festival Candi Akan Digelar Akhir Juli.

Gi.COM, MUARO JAMBI- Gelaran Festival Candi Muaro Jambi (FCMJ) yang merupakan agenda tahunan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaro Jambi, akan digelar akhir juli mendatang.

Berbeda dengan sebelumnya, lokasi pergelaran festival yang masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2022 ini terjadi pergeseran. 

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Muaro Jambii Safrinal meyebutkan , saat ini segala persiapan pergelaran festival tersebut tengah dimatangkan. 

Dia mengakui, bahwa akan ada pergeseran lokasi penyelenggaraan untuk tahun ini.

"Sekarang sedang disiapkan segala persiapan. InsyaAllah digelar 30-31 Juli. Rencana pelaksanaan itu ada perubahan lokasi," katanya saat ditemui diruang kerjanya.

Dijelaskannya, selama ini festival tersebut digelar didalam  komplek Candi Muaro Jambi, namun tahun ini dimungkinkan dilakukan pergeseran ke desa wisata Muaro Jambi yang di situ ada Danau Kelari. 

Meski demikian, lokasi tersebut masih dalam satu kawasan Candi Muaro Jambi. 

"Baru rencana kita, karena kan kita coba tampilkan sesuatu yang beda untuk tahun ini,"jelasnya.

Selain itu, ini dilakukan juga dalam upaya meminimalisir kerusakan terhadap Candi Muaro Jambi itu sendiri akibat kunjungan yang padat di lokasi festival.

"Kita akan undang Menteri Pariwisata nanti, karena itu sudah masuk ke dalam Kharisma event Nusantara," jelasnya.

Dalam rangkaian acara tersebut, juga direncanakan agenda menyusuri Kanal Kuno yang merupakan peninggalan sejarah yang tidak dapat dipisahkan dengan Situs Candi Muaro Jambi.

"Nanti juga akan dilakukan susur kanal. Disitu ada danau kelari dan kanal tuo. Kanal itu lebarnya sekita 6-7 meter, Nanti disiapkan perahunya," tandasnya.(Jun)

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com