Breaking News

Dua Hektar Lahan Masyarakat di Kecamatan Kumpeh Ilir Hangus Terbakar.

 


P - Kalaksa BPBD Sebut, Api Cepat Padam Berkat Hujan Turun.

Gerbanginformasi.com, Muaro Jambi - Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Kabupaten Muaro Jambi. Kali ini lebih dari dua hektar lahan warga terbakar. Lokasinya di Desa Petanang Kecamatan Kumpeh Ilir Kabupaten Muaro Jambi.

Informasi yang dihimpun, kebarakan lahan itu terjadi pada Kamis (18/8) sore. Puluhan orang personil gabungan diturunkan untuk memadamkan api. Api yang berkobar menghanguskan beberapa titik lahan yang ada dilokasi. 

Kalaksa BPBD Kabupaten Muaro Jambi, Alias mengatakan lahan yang terbakar kemarin (Kamis sore) baru bisa dipadamkan tadi malam (jumat malam). "Alhamdulillah tadi malam hujan, jadi padamnya lebih cepat," imbuhnya. 

Guna memadamkan api tersebut, BPBD menurunkan puluhan personil gabungan yang terdiri dari BPBD, Manggala Agni, Masyarakat setempat juga diturunkan ke lokasi untuk memadamkan api yang berkobar.

Kalaksa BPBD Kabupaten Muaro Jambi, Alias menyebut, lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan warga yang konturnya merupakan gambut. "Itu lahan gambut milik warga, bukan milik perusahaan," kata Alias.

Katanya, lahan yang terbakar tersebut ada dua titik namun masih di desa yang sama. Satu titik bisa dipadamkan oleh petugas pada sore hari, namun satu titik baru bisa dipadamkan pada malam hari, dan itupun berkat bantuan dari air hujan. "Alhamdulillah waktu kejadian itu hujan turun," kata Alias lagi. 

Dia meminta kepada warga untuk selalu waspada, dan diharapkan jangan melakukan pembakaran hutan dan lahan, sebab membakar lahan merupakan tindak pidana. (Jun)


© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com