Breaking News

Harga Telur di Muaro Jambi Merangkak Naik.

 


Gerbanginformasi.com, Muaro Jambi - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muaro Jambi memantau jika harga sembako di Kabupaten Muaro Jambi mengalami perubahan.

Satu diantara yang mengalami peningkatan adalah harga telur ayam, cabai dan beberapa harga sembako lainnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muaro Jambi, Ir Ardanus ketika dikonfirmasi menyebut jika perubahan harga tersebut dikarenakan adanya perubahan harga dari petani.

Seperti harga cabai, menurut Ardanus, harga cabai meningkat karena kondisi cuaca yang tak menentu, dimana seharusnya saat ini musim kemarau, namun sering hujan sehingga cabai petani mengalami kerusakan.

"Ada yang gagal panen. Itu semua karena cuaca yang tak menentu," kata Ardanus Kadis Ketahanan Pangan Muaro Jambi.

Namun demikian, naiknya harga cabai ini disambut baik oleh petani, karna dampak kenaikan ini memang betul betul dirasakan oleh para petani, bukan dari pedagang saja.

"Sebelumnya ada kenaikan tapi ditingkat pedagang saja, tidak ditingkat petani, dan kali ini memang dari petani memang harganya naik," imbuhnya.

"Artinya sekarang petani memang menikmati dan tersenyum dengan harga yang tinggi itu," katanya.

Untuk saat ini, harga cabai di Muaro Jambi relatif stabil, yaitu Rp 60 hingga Rp 65 ribu perkilogram. 

Naiknya harga telur ayam yang mencapai  Rp 32 ribu perkarpetnya disebabkan imbalan dari naiknya harga pakan. Sebelumnya harga telur ayam hanya Rp 28 ribu perkilogram.

"Harga pakan meningkat terus, makanya peternak menaikkan harga telurnya," kata Ardanus. (Jar)


© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com