Intensitas Hujan Tinggi, Waspadai Ancaman Abrasi.



P - BPBD Himbau Warga Tinggal Disepanjang DAS Berhati hati. 

Gerbanginformasi.com, Muaro Jambi -Tingginya intensitas hujan sejak sepekan terakhir ini, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muaro Jambi mendapat banyak laporan dari masyarakat. 

Kepala BPBD Muaro Jambi Alias, SH MH melalui Sekretaris nya Raden Mawardi menyampaikan dalam kondisi seperti sekarang ini, banyak aduan dari masyarakat yang tinggal dipinggiran Sungai batanghari. Pasalnya selain rawan diterjang banjir, yang paling mengkhawatirkan mereka adalah ancaman abrasi. 

"Warga yang tinggal di pinggiran Sungai Batanghari sangat khawatir dengan ancaman abrasi, kapan saja bisa mengancam keselamatan warga," sebutnya.

Hingga saat ini, BPBD Muaro Jambi telah mendata ada beberapa titik daerah aliran sungai batanghari yang rawan Abrasi. 

Di Kecamatan Jambi Luar Kota yaitu Desa Penyengat Olak, Desa Senaung, Desa Sungai Duren dan Desa Pematang Jering.

Sementara itu di Kecamatan Taman Rajo, ada Desa Kunangan, Desa Teluk Jambu, Desa Kemingking dan baru baru ini akses jalan menuju ke Desa Dusun Mudo nyaris putus karna tergerus hingga memakan badan jalan. 

Kepala Desa Dusun Mudo Hifni mengatakan, akibat badan jalan yang nyaris putus itu, membuat akses masyarakat 3 Desa menjadi terhambat. 

"Tengoklah Pak abrasi nya lah sampai ke badan jalan. Warga kami ngeri nak lewat. Inilah akses satu satunya untuk warga Tiga Desa yang ada disini," sebut Hifni.

Masyarakat berharap pemerintah dapat melakukan penanganan darurat terkait abrasi yang telah memakan badan jalan ini. (Jun)