Breaking News

Rakor Verfak Parpol Pemilu 2024, Pabung Kodim 0415/Jambi Siap Kawal Verifikator dari Ganguan Kamtibmas.

 


Gerbanginformasi.com, Muaro Jambi - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Muaro Jambi menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 Bersama Stakeholder.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Sang Ratu Kota Jambi ini dihadiri oleh Plt Asisten I Setda Muaro Jambi, Ketua Bawaslu Muaro Jambi M Yusuf, S.E., Pabung 0415/Jambi Syafendi, Kasat Intel Polres Muaro Jambi AKP Rozali, Kabag Pemerintahan dan Tapal Batas Wahyono, Para Camat, Awak Media dan tamu undangan lainnya. 

Kepala Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPUD Kabupaten Muaro Jambi Supriadi mengatakan rapat yang digelar hari ini adalah terkait dengan verifikasi faktual kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Pemilu 2024. 

"Kami menyakini bahwa KPU tidak bisa bergerak sendiri dalam hal ini. Maka semua stakeholder minimal tau dengan tahapan verifikasi ini," sebut Supriadi.



Dengan dilakukan sosialisasi ini, pihak KPUD Muaro Jambi berharap para verifikator yang nantinya menjalankan tugasnya ke bawah tidak dicurigai berbuat hal yang tidak diinginkan dan benar benar melakukan verifikasi faktual.

"Para Verifikator saat menjalankan tugas nantinya akan ditandai dengan rompi khusus. Dan sebagai bentuk pengawasan partisipatif dari masyarakat bahwa pada saat verifikasi verifikasi faktual ini seluruhnya ikut memantau dengan Keanggotaan penduduk yang menjadi sample di dalam sipol," katanya. 

Lanjutnya, verifikasi vaktual Partai Politik peserta pemilu 2024 akan dilakukan dari tanggal 15 Oktober 2022 hingga 04 November 2022 mendatang. 

Menurutnya ada 3 jenis metode dalam melakukan verifikasi faktual Partai Politik peserta pemilu 2024.

Pertama adalah dengan mendatangkan By Name By Adress yang menjadi sample itu ke KPUD Muaro Jambi. Apabila tidak terpenuhi dengan batas waktu yang telah ditentukan maka akan ditempuh dengan metode yang kedua yaitu dengan menemui LO Partai Politik di lokasi yang dapat terjangkau untuk di Verfak secara massal. 

"Dan metode ketiga adalah dengan Video Call yang dilakukan oleh Pengurus Partai Politik saat verifikasi faktual itu dilakukan oleh verifikator," ungkapnya. 

Dalam kegiatan rapat koordinasi ini juga,  KPUD membuka sesi diskusi dan tanya jawab, dimana Pabung 0415/Jambi meminta agar KPUD Muaro Jambi dapat memberitahukan jadwal dan tempat serta nama nama yang menjadi sample saat dilakukannya verifikasi faktual.

"Harapan saya, agar teman teman Babinsa bisa memonitor keamanan para verifikator yang bekerja dilapangan, KPU dapat memberitahukan kapan Jadwal dan tempatnya. Kami siap mengawalnya," tandasnya. (Jun)

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com