Breaking News

BNPB Pusat Setujui BPBD Muaro Jambi Naik Jadi Tipe A.

 


GERBANGINFORMASI.COM, MUARO JAMBI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muaro Jambi bakal segera naik kelas dari Eselon III menjadi Eselon II. Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala Pelaksana BPBD Muaro Jambi Alias, SH.,MH.

"Alhamdulillah (naik tipe menjadi tipe A), per tanggal 23 September 2022 kemarin sudah naik klasifikasinya menjadi tipe A," kata nya.

Katanya, pihaknya sudah sejak lama mengajukan usulan kenaikan tipe ini ke BNPB Pusat. Ini agar memudahkan koordinasi serta penanganan bencana di daerah Muaro Jambi yang cukup luas dengan segala potensi yang ada. 

"Untuk naik kelas tentunya kita harus memenuhi kriteria-kriteria yang sudah ditetapkan. Dan memang Muaro Jambi sendiri saya rasa sudah sangat layak untuk itu, apalagi mengingat potensi kerawanan Karhutla di Muaro Jambi yang cukup tinggi," kata Alias. 

Alias pun menginformasikan bahwa saat ini pihaknya sudah mendapatkan rekomendasi soal kenaikan klasifikasi ini dari BNPB Pusat dari tipe B ke tipe A untuk selanjutnya akan segera diusulkan kepada Pimpinan sebagai dasar dalam perubahan struktur organisasi BPBD Kabupaten Muaro Jambi.

"Saat ini, tinggal menunggu pembahasan rancangan Perda ataupun Perbup-nya saja. Draft Perda nya sudah masuk ke Bagian Hukum Setda Kabupaten Muaro Jambi dan tengah digodok, do'akan saja bisa segera di sahkan," sebutnya. 

Ia berharap, dengan naiknya klasifikasi BPBD Muaro Jambi dari tipe B menjadi tipe A, selain dapat mengoptimalkan koordinasi serta komando, nantinya juga bisa mengoptimalkan pelayanan penanggulangan bencana di Kabupaten Muaro Jambi. 

"Tentunya dengan naik tipe, dukungan juga semakin signifikan baik dari segi anggaran maupun personel dan yang lainnya sehingga bisa mengoptimalkan proses penanggulangan bencana. Dan ini juga bakal menjadi legacy saya selama saya menjabat sebagai Plt Kalaksa BPBD Muaro Jambi," tandasnya. (Jun)


© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com