Hadiri Peringatan HKN ke 58 Tahun, Pj Bupati Minta Dinkes Bangun Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat.


GERBANGINFORMASI.COM, MUARO JAMBI-
Dinas Kesehatan Muaro Jambi menggelar Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 Jum'at 18 November 2022. Kegiatan dilaksanakan di halaman parkir Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Ripin 

Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022, Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi menggelar apel siaga kesehatan. Jumat (18/11).

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 58 Pemkab Muaro Jambi diawali dengan Apel Siaga Kesehatan yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah dan diikuti oleh seluruh tenaga kesehatan lingkup Dinas Kesehatan Muaro Jambi. 

Dalam sambutannya, Pj Bupati Muaro Jambi menyebut, HKN ke-58 Tahun 2022 ini mengangkat tema bangkit Indonesiaku sehat negeriku. 


Tema itu dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu dan bergotong-royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi covid-19, sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

Tantangan yang dihadapi saat ini sangat berat. Semua negara di dunia sedang menghadapi ujian krisis kesehatan akibat pandemi covid 19 yang belum sepenuhnya pulih.

Di tengah tantangan yang berat itu semuanya patut bersyukur sebab Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global. Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia dengan total 442 juta dosis vaksin yang telah disuntikkan kepada masyarakat.

"Meskipun demikian, kita tidak boleh lengah. Telah mendeteksi adanya kenaikan kembali kasus covid-19. Data kematian menunjukkan 4 dari 5 pasien meninggal belum divaksinasi booster," kata Pj Bupati Muaro Jambi.


Dengan peningkatan jumlah kasus tersebut, proporsi pasien yang meninggal akibat covid-19 itu tiga kali lebih banyak pada kelompok lansia dibandingkan dengan yang bukan lansia Oleh karena itu Mari terus ingatkan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi covid-19 dengan booster.

Selain dihadapkan dengan prioritas penanganan covid-19, saat ini Pemerintah juga melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lain seperti penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi. Menurunkan angka stunting pada balita memperbaiki persoalan jaminan kesehatan nasional serta meningkatkan kemandirian pembangunan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

Kata PJ, saat ini Kemenkes sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada penampilan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat Mandiri produktif dan berkeadilan sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang

"Pilar tersebut adalah transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan, transformasi SDM kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga berharap agar semua insan kesehatan bisa terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat. Mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin, baik itu ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita, imunisasi, pemeriksaan penyakit-penyakit sesuai siklus hidup dan terus mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetisi dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Usai apel dan senam sehat, seluruh nakes yang hadir juga diberikan pembekalan ilmu dari Dr Rudi Gunawan SPOG, tentang Pencegahan dan deteksi dini kanker serviks.

Selain dihadiri nakes, kegiatan ini juga dihadiri oleh Forkompinda Kabupaten Muaro Jambi, kepala OPD, dan masyarakat. 

Dalam kegiatan ini, panitia juga menyediakan doorprize berupa sepeda, kulkas, mesin cuci dan hadiah menarik lainnya. (Jun)