Breaking News

BPPRD Sebut Realisasi PAD Muaro Jambi di Beberapa Sektor Over Target.

GERBANGINFORMASI.COM, MUARO JAMBI - Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Muaro Jambi merilis Realisasi Pendapatan Asli Daerah Tahun 2022 lalu Over Target. Hal ini disampaikan oleh Kepala BPPRD melalui Kabid Pengembangan BPPRD Kabupaten Muarojambi, Arian Safutra.

Kata Dia, Berdasarkan data Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Muarojambi, target PAD pada tahun anggaran 2022 lalu berkisar diangka Rp.113 Miliar. Sementara itu, realisasi PAD di tahun tersebut meningkat menjadi Rp.115 miliyar. 

"Dengan begitu, realisasi PAD Kabupaten Muarojambi di tahun anggaran 2022 mencapai 101,76 persen," ucapnya

Namun begitu Arian juga menyampaikan ada beberapa PAD yang mencapai target, namun adapula yang tidak mencapai target. 

Dijelaskannya, Pendapatan Asli Daerah di tahun 2022 terdiri dari berbagai sektor. Sektor tersebut meliputi, pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain pendapatan daerah yang sah. 

"Sektor pajak daerah, melebihi dari target yang ditetapkan, persentase nya 109 persen. Sedangkan sektor retribusi daerah tidak mencapai dari target yang ditetapkan, realisasinya hanya mencapai 80.39 persen," jelasnya. 

Selain itu, realisasi PAD pada sektor hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan mencapai target. Sedangkan, di sektor lain-lain pendapatan daerah yang sah tidak mencapai dari target yang ditetapkan. 

"Untuk sektor hasil pengelolaan kekayaan daerah realisasi penerimaan mencapai target yang ditetapkan. Sedangkan di sektor lain-lain pendapatan daerah yang sah tidak memenuhi target yang ditetapkan, realisasi nya hanya mencapai 93,94 persen," sampainya.

Arian juga menambahkan, penghasilan pajak daerah tertinggi masih didominasi oleh sektor pajak penerangan jalan dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). 

" Pajak daerah terendah dari sektor, pajak parkir dan pajak air tanah," tandasnya. (Jun)

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com