Breaking News

Bawaslu Provinsi Jambi Gelar Uji Petik Daftar Pemilih di Wilayah Perbatasan Muaro Jambi - Kota Jambi.

GERBANGINFORMASI.COM, MUARO JAMBI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi bersama Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi melakukan uji petik Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) di daerah perbatasan antara Kabupaten Muaro Jambi dan Kota Jambi, Provinsi Jambi, Kamis (02/03/23).

Uji petik yang dilaksanakan dengan melibatkan Provinsi dan Kabupaten, serta Pemerintah Desa, dilakukan di Desa Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam bermaksud untuk memfaktualkan secara langsung menemui masyarakat yang disampel sebanyak puluhan orang guna memastikan pemilih tersebut apakah sudah terdaftar sesuai dengan administrasi berdasarkan wilayah kependudukannya atau tidak.

Dalam pelaksanaan uji petik tersebut Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi Fahrurozi menjelaskan bahwa uji petik dilaksanakan untuk memastikan secara faktual pemilih yang disampel sudah terdaftar atau masuk dalam kategori pemilih yang meninggal, pemilih pindah masuk, pemilih pindah keluar, pemilih dibawah umur, pemilih ganda maupun pemilih pemula.

“Kita ada beberpa sampel yang akan difaktualkan dan terdiri dari beberapa kategori data pemilih dengan sasaran kita adalah wilayah perbatasan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi M Yusuf mengatakan hasil uji petik tersebut akan ditindaklanjuti pihaknya kepada KPU Kabupaten Muaro Jambi.

“Dari hasil uji petik ini ada beberapa temuan kita, seperti pemilih pemula yang belum terdaftar, pemilih yang memiliki identitas kependudukan Kabupaten Muarojambi dan terdata sebagai pemilih di Kota Jambi, serta pemilih yang sudah tidak bermukim di wilayah Muaro Jambi,” ucapnya.

“Temuan-temuan ini kita ketahui karena dengan melibatkan langsung para RT di Desa Kebin IX yang merupakan wilayah perbatasan,” sambungnya.

Untuk itu, lanjutnya selain berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Muaro Jambi, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muaro Jambi serta Bawaslu Kota Jambi.

“Semoga dengan adanya uji petik ini data pemilih kita semakin akurat dan akuntabel,” harapnya. (Jun)

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com