Jadi Pemateri, Kajari Muaro Jambi Minta Kades dan BPD Bersinergi Membangun Desa.

Gi.com
0

GERBANGINFORMASI.COM, MUARO JAMBI - Kepala Kejaksaan Negeri Muaro Jambi, Kamin, SH MH berkesempatan menjadi Pemateri di Hari Kedua Pelatihan Bersama Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Se-kecamatan Jambi Luar Kota. 

Dalam kegiatan tersebut, Materi yang disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Muaro Jambi Kamin, SH MH adalah tentang Peran Kejaksaan Agung Tinggi Negeri Dalam Pembinaan dan Pengawasan Pemerintah Desa. 

Kajari menyampaikan Sebagai Lembaga Penegak Hukum, Kejaksaan berperan mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan nasional di pusat maupun daerah melalui pengawalan dan pengamanan baik dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan maupun pemanfaatan hasil pembangunan, termasuk dalam upaya mencegah timbulnya penyimpangan dan kerugian negara meliputi pengelolaan ADD dan Dana Desa.

"Kejaksaan juga berperan untuk memberikan supremasi hukum kepada masyarakat," sebutnya.

Dalam upaya mencapai stabilitas masyarakat, kejaksaan memiliki fungsi di bidang ketertiban dan ketenteraman umum, pencegahan, pengawasan, serta peningkatan kesadaran hukum. Selain itu, kejaksaan juga menjalankan fungsi di bidang perdata dan tata usaha negara.

Kajari juga minta, dalam menjalankan roda pemerintahan di desa, antara Kades dan BPD harus saling bersinergi, agar pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik agar terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Baru baru ini Kejaksaan juga telah meluncurkan aplikasi Jaga Desa, aplikasi tersebut bertujuan untuk memudahkan Kejaksaan dalam melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana desa. 

Selain mengawasi kegiatan di desa dapat berjalan dengan baik, langkah tersebut sebagai upaya pencegahan dini terhadap para Kepala Desa yang bermaksud ingin melakukan korupsi Dana Desa. 

"Mudah-mudahan dengan langkah ini, tidak ada kepala desa di Muaro Jambi ini ingin bermain main atau ada niatan korupsi dana desa," kata Kamin, SH MH. 

Ia juga menyebutkan, kepada para kepala Desa agar jangan takut menggunakan Dana Desa. "Jangan takut membuat suatu kegiatan atau program di desa, asalkan sesuai dengan aturan, insyaallah tidak ada masalah," tandasnya. (Jun) 

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda browsing disini. Learn More
Accept !