Breaking News

Box Culvert Rusak Berat, Kendaraan Roda Empat Menuju Jambi Paradise Dialihkan Ke Jalur Alternatif.

 


GERBANGINFORMASI.COM, MUARO JAMBI - Memasuki akhir pekan, tentu banyak warga yang ingin berlibur ke tempat wisata yang ada di Provinsi Jambi, salah satu yang menjadi tempat tujuan masyarakat saat ini adalah tempat wisata Jambi Paradise yang terletak di Desa Kebon IX (Sembilan) Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.

Bagi masyarakat yang ingin berlibur ke tempat wisata tersebut, terutama yang menggunakan roda empat agar memperhatikan kondisi jalan, mengingat saat ini ada penutupan jalan yang dilakukan warga karna Box Culvert atau jembatan penghubung nyaris ambruk, sehingga kendaraan roda empat tak bisa melewati jalan ini.

Box Culvert yang nyaris ambruk itu, terletak di RT 01 Desa Talang Belido, jalan itu menuju ke Taman Wisata Jambi Paradise Desa Kebon IX (Sembilan) Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi terlihat retak dan nyaris ambruk. Kondisi tersebut juga diviralkan warga di berbagai grup WhatsApp.

Dalam video tersebut menyebutkan, box culvert itu dibangun oleh pengusaha pengembang perumahan.

“Ini ni jembatan pemerintah, dibongkar lalu dibangun oleh pengusaha. Ternyata bangunannya tidak maksimal. Pengusaha ini bangun untuk mengambil kepentingan sendiri,” ucap suara di dalam video tersebut.

Warga juga menyebutkan, kerusakan ini terjadi pada saat hujan lebat yang menguyur beberapa hari lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Muaro Jambi Yultasmi, melalui Kabid Bina Marga, Amar Ma’ruf saat dikonfirmasi membenarkan jika Box Culvert tersebut bukan di bangun oleh pemerintah kabupaten muaro jambi.

“Yang buatnya memang pihak perumahan,” ucap Kabid Bina Marga Amar Ma’ruf.

Box culvert ini yg bangun bukan  Pemda Kab. Muaro Jambi. Tetapi yg buat adalah Pihak Perumahan.

Terkait dengan kondisi tersebut, pihak nya menerima usulan dari masyarakat setempat agar dapat dibangun dengan maksimal agar bisa dilalui roda dua maupun roda empat. 

“Usulan dari warga setempat minta dibangunkan segera. Jadi intinya itu akan kita masukkan dalam program tahun depan,” ucap Amar.

Informasi yang didapat, hari ini, Sabtu (27/05/23) Kapala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) Kabupaten Muaro Jambi, Yultasmi bersama staf nya langsung turun ke lokasi guna melihat langsung kondisi Box Culvert tersebut.

Kepala Dinas PUPR Muaro Jambi, Yultasmi menyebutkan Tim PUPR sudah berkoordinasi dengan Kades, RT dan Perwakilan Warga.

“Kesepakatannya akses jalan ini ditutup dan dialihkan ke jalur alternatif yang terdekat,” sebut Yultasmi.

Agar akitifitas warga tidak terganggu, jalan tersebut saat ini sudah lakukan penutupan.

“Untuk warga dihimbau sementara ini, disarankan untuk tidak dilewati kendaraan roda empat, kerusakan Struktur box sudah parah,” ujarnya.

“Pembangunan secara Permanen Box Calvert untuk lokasi ini Kami jadikan usulan Prioritas pada tahun 2024 mendatang,” timpalnya lagi. (Jun)

 

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com