Breaking News

Ratusan Anak di Muaro Jambi Kekurangan Gizi, Satu Diantaranya Meninggal Dunia.

GERBANGINFORMASI.COM, MUARO JAMBI - Pemenuhan gizi terhadap anak sangat penting bagi para orang tua, sehingga anak dapat tumbuh optimal.

Pemenuhan gizi dapat dimulai sejak mereka masih dalam kandungan hingga remaja.

Terkiat dengan kesehatan anak tersebut, terutama permasalahan kekurangan gizi yang hingga saat ini masih belum dapat teratasi dan menjadi pekerjaan rumah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi, Afifuddin minta masyarakat untuk tidak menganggap sepele kesehatan anak saat masih berusia dini.

Mereka yang mengalami kekurangan gizi akan berdampak buruk terhadap tumbuh kembang dan kemampuan intelektualnya.

Dikatakannya, berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Muaro Jambi, pada tahun ini masih ditemukan kasus anak yang kekurangan gizi. 

Jumlahnya mencapai 258 anak. Banyak dampak negatif dialami anak yang kekurangan gizi.

"Selain menghambat pertumbuhan secara fisik, anak yang kekurangan gizi juga menyebabkan kematian ," ucapnya.

Di Kabupaten Muaro Jambi sendiri, dari ratusan kasus yang ditemukan itu, terdapat satu anak yang meninggal dunia karena kekurangan gizi yang juga memiliki penyakit penyerta.

Lanjutnya, berbagai langkah yang diambil oleh Pemkab Muaro Jambi untuk mencegah gizi buruk pada anak.

Pertama, melakukan sceerining terhadap remaja sebelum menikah, untuk melihat kadar hemoglobin.

Kemudian, Ibu hamil dilakukan pemeriksaan secara rutin, yakni mencapai enam kali pemeriksaan di Pukesmas, dan persalinan dianjurkan pada fasilitas kesehatan.

Untuk memenuhi gizi pada anak,  masyarakat juga diminta untuk memberikan asi eksklusif hingga usia enam bulan, dilanjutkan dengan memberikan makanan yang bergizi lengkap dan seimbang serta imuniasi yang lengkap.

Dijelaskannya di Kabupaten Muaro Jambi sendiri, para tenaga kesehatan di haruskan untuk memantau perkembangan kondisi kesehatan balita.

"selain itu, pemerintah juga memberikan makanan tambahan kepada balita yang menderita kekurangan gizi," tandasnya. (Jun)

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com