Breaking News

HUT Koperasi ke 76, Disperindag dan UMKM Muaro Jambi Berikan Ratusan Sertifikat, NIK dan Gerobak Kontainer.

 

GERBANGINFORMASI.COM, MUARO JAMBI - Di hari ulang tahun Koperasi yang Ke 76, Pemkab Muaro Jambi melalui Dinas Koperindag dan UMKM Muaro Jambi menggelar acara syukuran.

Peringatan Hari Koperasi Nasional tingkat Kabupaten Muaro Jambi dihadiri langsung oleh PJ Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jambi, Kepala OPD serta Puluhan Pengurus Koperasi, dan Ratusan Pelaku UMKM yang menerima Sertifikat Hak Atas Tanah. 

Dalam sambutannya PJ Bupati menyampaikan, ada sebanyak 100 sertifikat hak atas tanah, diberikan kepada para pelaku UMKM. Itu adalah hasil kerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Muaro Jambi.

"Dengan adanya sertifikat tersebut, para Pelaku UMKM yang ingin menambah modal usahanya, bisa di agun kan ke Bank. Tapi itu opsi terakhir," ucapnya.

Selain penyerahan sertifikat bagi para Pelaku UMKM, juga ada penyerahan NIK bagi 30 Koperasi berprestasi yang langsung ditandatangani oleh Kepala Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

"Nomor Induk Koperasi atau NIK salah satu legalitas yang Wajib dimiliki oleh suatu Koperasi. Manfaatnya diantaranya, memberikan kepastian informasi status Legalitas Usaha dan Peningkatan kepercayaan dari pihak lain yang ingin bermitra," ujarnya. 

Selain pemberian Sertifikat dan NIK, Diskoperindag dan UMKM Muaro Jambi akan menyerahkan 10 Gerobak Kontainer untuk UMKM yang berada di lokasi Wisata, seperti UMKM yang Berada di Kawasan Candi Muaro Jambi, Danau Tangkas, Tangkit dan Pijoan.

"Kalau semuanya ada 90 Gerobak Kontainer, namun yang diserahkan hari ini baru lounching 10 buah. Kita simbolis saja dulu, sisanya akan menyusul. Dengan tujuan untuk meningkatkan produksi dan pendapatan bagi pelaku UMKM," sebutnya. 

Kepala Diskoperindag Muaro Jambi, Riduwan menyampaikan, bahwa pada momen peringatan Harikopnas yang ke-76 ini, pihaknya turut memberikan 10 gerobak bagi pelaku UMKM yang berada di wilayah Kabupaten Muaro Jambi.

" Hari ini juga dirangkai dengan kegiatan pemberian 10 gerobak kepada pelaku UMKM. Tadi secara simbolis atau launchingnya langsung diberikan oleh Pj Bupati Muaro Jambi," kata Riduwan, Selasa (5/9/23) siang.

Riduwan mengatakan, total semua gerobak yang bakal diberikan Diskoperindag Muaro Jambi berjumlah 90 unit gerobak usaha. Gerobak itu nantinya bakal diserahkan secara bertahap, hari ini dimulai dengan pemberian sebanyak 10 gerobak. 

Ia menyebut, pemberian bantuan gerobak ini diperuntukan untuk para pelaku UMKM yang berada atau berjualan di tempat kawasan wisata yang ada di wilayah Muaro Jambi.

" Gerobak ini diperuntukan antara lain untuk menopang UMKM dan kemaslahatan yang ada disana," ucapnya.

Ia juga menyebutkan, Koperasi di Muaro Jambi berjumlah 385 Koperasi, namun yang masih aktif hanya sekitar 146 Koperasi. 

"Pembinaan kepada Koperasi selama ini terus berjalan, kami akui saat ini masih ada terjadi gesekan antar pengurus koperasi dengan pihak luar. Disitulah peran kami untuk membantu koperasi tersebut agar memiliki legalitas, supaya tidak terjadi lagi gesekan di kemudian hari," tandasnya. (Jun)


© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com