Disperkim Ajukan Rp 350 Juta Untuk Pembelian Lampu Jalan di APBD Perubahan

 


Gerbanginformasi.com, Muaro Jambi- Guna mewujudkan penerangan yang merata di seluruh wilayah Kabupaten Muaro Jambi, Disperkim Muaro Jambi pada anggaran perubahan tahun 2022 ini mengajukan pembelian lampu jalan baru. 

Kepala Dinas Pemukiman dan Tata Kota Kabupaten Muaro Jambi Firmansyah saat ditemui awak media usai hearing bersama anggota Dewan mengatakan, pada anggaran perubahan tahun 2022 ini pihaknya mengajukan pembelian lampu jalan. Lampu jalan yang dibeli tersebut adalah jenis LED. 

Diterangkannya, keunggulan lampu LED sangat banyak, selain sinarnya yang terang, watt nya juga kecil, sangat efektif dan efisien.

"Lampu LED itu banyak keenggulannya, sinarnya terang, kemudian mudah dimatikan dan dihidupkan dan yang terpenting adalah watt nya sangat kecil, berkisar antara 10 hingga puluhan watt saja. Sangat berbeda dengan lampu yang ada saat ini, yaitu 75 hingga 250 watt," terang Firmansyah Kadis Perkim dan Tata Kota Muaro Jambi.

Lanjutnya, saat ini semua lampu penerangan yang terpasang di hampir seluruh Kabupaten Muaro Jambi adalah lampu jenis jenis mercury. Untuk jumlah titik keseluruhan jika terpasang semua adalah sebanyak 5925 titik.

"Kalau jumlah titiknya sebanyak 5925 titik. Kemudian kita ada juga hibah dari Pemkab DKI Jakarta sebanyak 3330 buah, kalau lampu yang hibah ini kita pasangkan semua, otomatis sangat banyak berkurangnya. Akan tetapi, lampu hibah itu jenis nya mercury watt nya itu terlalu besar, ada yang 250 watt, 150 waat dan 75 watt, maka jika ini kita pasangan smuanya beban kita semakin bertambah, sementara saat ini hingga akhir tahun nanti anggaran kita sudah minus (-) 700 jutaan," sebutnya.

Karnanya untuk mengurangi beban pembayaran dan lampu jalan tetap terang, pihaknya tengah mengajukan pembelian lampu pampu LED sebanyak 600 unit dengan anggaran berkisar sekitar Rp 350 jutaan. 

"Nah kita menyikapi, bagaimana caranya lampu itu tetap terang, efektif dan efisien, mudah digunakan dan tidak memiliki dampak apapun terhadap kesehatan dan lain sebagainya, maka kami usulkan pada APBD Perubahan ini sebanyak 600 unit, sebagai percontohan. Nanti kita lihat apakah bebannya turun atau malah sebaliknya. Jika nanti ternyata bebannya turun, maka tahun depan kita anggaran lebih banyak lagi, semuanya kita ganti dengan jenis lampu LED," tandasnya. (Jar)