Breaking News

Bappeda Muaro Jambi Susun Rencana Kerja Forum DAS



GERBANGINFORMASI.COM, MUARO JAMBI- Kabupaten Muaro Jambi menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2023.

Bertempat di Abadi Suite Hotel Kota Jambi, Selasa (29/11), kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Ketua Forum DAS Provinsi Jambi, Tagor Mulia Nasution. Turut hadir stakeholder dan pihak terkait lainnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Muaro Jambi yang juga merupakan Sekretaris Forum DAS Muaro Jambi, Taufik Hidayat menyebutkan, bahwa program pengelolaan DAS merupakan upaya manusia dalam mengatur hubungan timbal balik antara sumber daya alam bagi manusia secara berkelanjutan.

"Tentu saja dalam pengelolaannya tetap memperhatikan prinsip-prinsip dasar diantaranya dilaksanakan secara terpadu, melibatkan para pemangku kepentingan bersifat adaptif terhadap perubahan kondisi yang dinamis sesuai karakteristik," bebernya.

Selain itu, juga dilaksanakan dengan pembagian tugas dan fungsi serta pengelolaan yang berdasarkan pada asas akuntabilitas forum koordinasi pengelolaannya. Forum DAS adalah wadah koordinasi antar instansi penyelenggara pengelolaan sebagai wadah tempat bertukar pikiran dan menyatukan pemangku kepentingan.

"Ini dalam upaya mendukung pengelolaan DAS secara terpadu. Maksud penyusunan rencana kerja forum adalah untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan penguatan Forum DAS Kabupaten Muara Jambi," jelasnya.

Forum DAS Muaro Jambi sendiri, kata Taufik, susunan keanggotaannya terdiri dari unsur OPD teknis antara lain Bupati Muara Jambi selaku pembina forum, Sekretaris Daerah selaku Ketua Forum dan Kepala Bappeda selaku sekretaris forum serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi selaku wakil sekretaris.

"Anggota berjumlah 28 anggota yang terdiri dari unsur kepala OPD terkait, unsur akademisi, BUMN dan perusahaan swasta, unsur pemuda peduli lingkungan dan wisata dan juga kelompok tani binaan forum," jelasnya.

Ditatambakkanny, adapun tugas forum DAS antara lain melakukan pengkajian tentang kebijakan rencana pelaksanaan kegiatan dan dampak kegiatan pengelolaan DAS sebagai masukan kepada pengambil keputusan baik kepada eksekutif maupun legislatif tingkat kabupaten.

"Selain itu juga memberikan masukan dalam penyusunan rancangan kebijakan pengelolaan DAS secara terpadu,"ujarnya.

Dia berharap, pertemuan yang dilaksanakan pada kesempatan ini akan dapat memberikan dampak yang bermanfaat bagi pembangunan di Kabupaten Muaro Jambi.

"Semoga dapat memberikan hasil yang maksimal. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada semua pihak sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik," tukasnya. (Jun)


© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com