Breaking News

Sambut HUT Propinsi Jambi ke 66, LAM Jambi Perwakilan Jakarta Gelar Festival Budaya Jambi di TMII Jakarta.



GERBANGINFORMASI.COM, MUARO JAMBI- Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi bekerjsama dengan Lembaga Adat Melayu Jambi Perwakilan Khusus DKI Jakarta dan sekitarnya akan mengadakan Festival Budaya Melayu Jambi. 

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka menyambut HUT Provinsi Jambi ke 66 yang jatuh pada tanggal 6 Januari 2023 yang akan datang. 

Ketua LAM Jambi Perwakikan Khusus DKI Jakarata Zainal Abidin Is menyampaikan Festival Budaya Melayu Jambi rencananya akan diselenggarakan pada 11 Desember 2022 mendatang di Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah TMII Jakarta dan dibuka langsung oleh Gubenrur Jambi Al-Haris. 

"Dalam Festival tersebut akan ditampilkan beberapa Tarian Daerah Jambi, diantaranya tarian dari kerinci bernama Ayun Luci, tarian sakral ini adalah menggambarkan penduduk setempat memohon kepada Allah agar panen padi mereka berhasil dan tidak ada halangan apapun juga," sebut Zainal Abidin Is. 

Selain tarian, juga ditampilkan silat kemenyan, kompangan ala seberang kota Jambi, Talkshow adat Melayu Jambi yang diikuti oleh mahasiswa mahasiswi yang kuliah di Jakarta serta anak anak warga Jambi yang dilahirkan di Jakarta yang sedikit mengetahui tentang adat budaya Jambi, lomba fashion show batik khas Jambi, cara pemasangan tekuluk dan lomba lainnya. 

"Disperindag Provinsi Jambi juga bakal memamerkan beberapa produk unggulan Jambi pada saat acara tersebut berlangsung," katanya.

Zainal mengatakan Festival Budaya Jambi ini, ajang LAM Jambi Perwakilan Jakarta untuk mempromosikan adat budaya Melayu Jambi di Tingkat Nasional.

"Kita harapkan orang orang yang hadir nantinya tidak hanya berasal dari Jambi saja, akan tetapi ada orang orang yang luar Jambi yang hadir, sehingga Festival Budaya Jambi memenuhi sasaran atau target yang kita harapkan," ungkapnya. 

Lanjutnya, Panitia sendiri dalam acara tersebut akan mengundang Jaksa Agung RI, Mendagri, Wakabin, Jampidsus dan Kajati Sumsel yang merupakan orang orang yang punya ikatan emosional dengan Jambi.

"Turut hadir juga Datuk Hasan Basri Agus gelar Datuk Temenggung Putro Jayodiningrat selaku Ketua Umum LAM Jambi Prov Jambi beserta Sekjen LAM Jambi Datuk Ir. Haviz Husaini, MM," sebutnya. 

Zainal Abidin Is yang merupakan kelahiran Desa Senaung Kecamatan Jambi Luar Kota kabupaten Muaro Jambi ini berharap agar acara ini berlangsung setiap tahunnya. 

"Tahun depan 2023 kita akan adakan di Monas atau di Sarinah Jalan Thamrin Jakarta pusat dimana tempat berkumpulnya ribuan warga Jakarta yang jalan pagi setiap hari Minggu bisa menonton acara festival budaya Jambi sambil jalan pagi dengan keluarganya," harapnya. (Jun)
© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com