Breaking News

Belum Masa Kempanye, Baliho Para Bacalon Legislatif Sudah Bertebaran.

GERBANGINFORMASI.COM, MUARO JAMBI - BALEHO para Bakal Calon Legislatif di Muaro jambi sudah mulai ramai melakukan sosialisasi, beberapa Reklame yang ada di Jalan Lintas Timur Desa Penyengat Olak hingga ke Pusat Ibukota Sengeti ramai terpampang baleho para caleg baik pusat maupun daerah. 

Meski belum ditetapkan sebagai Caleg, mereka sudah gencar melakukan sosialisasi baik dengan pemasangan Baleho, Spanduk maupun alat peraga kampanye lainnya. 

Pimpinan Bawaslu Muaro Jambi Yasril Faqod saat ditemui awak media mengatakan pihaknya tidak bisa melakukan penertiban baleho para Caleg tersebut dikarnakan belum masuk tahapan kampanye dan mereka belum ditetapkan cabagai Caleg 2024 akan datang.

"Penetapan bakal calon anggota legislatif untuk pileg tahun 2024 mendatang belum dilakukan. Namun suasana bersaing para bacalon legislatif sudah terasa. Kami belum bisa mengambil tindakan karna belum masuk tahapan," ujar Yasril.

Pimpinan Bawaslu Muaro Jambi Bidang Koordinator Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Sangketa ini menyebutkan pemasangan baliho bacalon bukan bentuk pelanggaran lantaran mereka belum ditetapkan sebagai calon legislatif.

Selain itu, di spanduk yang bertebaran tidak ada penyampaian program dan ajakan untuk memilih. "Namun apabila ada ajakan, kami akan menurunkan spanduk yang telah terpasang itu," tegasnya.

Berdasarkan Regulasi kata Dia, pencalonan anggota legislatif dimulai 24 April sampai 25 November 2023 mendatang. Sedangkan masa kampanye, dimulai 28 November sampai 10 februari mendatang. 

"Mulainya Penurunan Baleho Caleg itu 4 hari sebelum pemungutan dan penghitungan suara atau masa tenang, yang telah ditetapkan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang," tandasnya. (Jun)

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com