Breaking News

Intake Roboh, 4500 Pelanggan PDAM di Mendalo Terganggu Suplay air Bersih.

GERBANGINFORMASI.COM, MUARO JAMBI - Intake Building yang berfungsi sebagai penyuplay air bersih yang terletak di pinggir sungai batanghari Desa Mendalo Darat Roboh diterjang sampah kayu yang hanyut dari hulu Sungai. Akibatnya Suplay air bersih ke rumah rumah warga terganggu.

Sesuai dengan namanya, intake building berfungsi sebagai tempat dimana air yang berasal dari sumbernya pertama kali ditampung. Bangunan ini dilengkapi dengan screen bar yang memiliki fungsi untuk menyaring benda-benda asing yang terdapat dalam air. 

Lalu bagaimana jika suplay air bersih ke rumah rumah warga akan berjalan lancar jika intake tersebut roboh diterjang derasnya arus sungai batanghari dan banyaknya sampah yang sangkut di tiang intake.

Plt Direktur PDAM Tirta Muaro Jambi Elis Persada saat dikonfirmasi membenarkan jika Intake milik PDAM Muaro Jambi yang terletak di pinggir sungai batanghari di Desa Mendalo Darat, Roboh dan saat ini tidak berfungsi. 

"Ya malam tadi Roboh nya, semua peralatan termasuk mesin pompa penyedot air jatuh tenggelam ke dalam sungai," sebut Elis Plt Dirut PDAM Tirta Muaro Jambi saat dikonfirmasi Jum,at (17/02/23) pagi. 

Dikatakannya, beberapa hari sebelum kejadian memang sudah ada tanda-tanda jika intake tersebut akan roboh. Oleh petugas dilakukan perbaikan secara apa adanya namun ternyata tidak tahan lama dan tadi malam roboh.

Akibat kejadian tersebut, sekitar 4500 pelanggan PDAM yang berada disekitar mendalo akan terganggu. 

"Pelanggan PDAM yang berada di sekitarnya mendalo ini 9000 pelanggan, separuhnya akan terganggu karna hal ini," ungkapnya.

Namun demikian dirinya berjanji akan secepatnya melakukan perbaikan hingga normal kembali. "Hari ini kita angkat kemudian kita perbaiki. Ya paling lama satu minggu sudah beres," imbuhnya.

Meski tidak normal bukan berarti pelayanan tidak ada. Mereka akan mengoptimalkan mesin pompa yang lainnya untuk mengalirkan air ke rumah warga. "Mesin nya ada dua, yang roboh cuman satu. Jadi kita optimalkan yang satu nya lagi," katanya.

"Kami mohon maaf dan mohon pengertiannya dari pelanggan jika air tidak normal mengalir ke rumah," timpalnya. (Jun)


© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com