Ketua KPPS TPS 1 Bukit Baling Akui Promosikan Salah Satu Kandidat


Gi.com, Muaro Jambi - Ketua KPPS di TPS 1 (AF) mengakui jika dirinya mempromosikan salah satu kandidat Cakades yang bertarung di Desa Bukit Baling Kecamatan Sekernan Muaro Jambi. 

Saat dikonfirmasi oleh media ini,Anwar Fauzi mengakui jika dirinya bersimpati pada salah satu calon kades yang ikut bertarung.

Saat ditanya terkait keterlibatannya memenangkan salah satu Cakades seperti dalam poto yang tersebar, ia menyebutkan memang ada rasa simpati kepada salah satu calon tersebut. 

“Kalau memenangkan tidak itu salah pak, kalau simpati iya,” sebut AF Ketua KPPS TPS 1 Desa Bukit baling Muaro Jambi.

Saat ditanya lebih jauh, dimana lokasi tempat ia mengacungkan empat jari yang terlihat dalam sebuah rumah warga itu, ? ia mengaku tidak ingat.

“Kalau tempatnya saya lupa di mana, kalau tujuannya tidak lain dan tidak bukan hanya untuk berpoto dan tidak ada bermaksud untuk mengajak dan menyebar luaskan. Poto tersebut untuk mempromsikan salah satu kandidat hanya itu,” sebut Anwar Fauzi.

Saat disinggung soal ketidaknetralannya karena ia kapasitasnya sebagai KPPS di TPS 1, dirinya tak lagi membalas pesa WA ini.

Sebelumnya, atas dugaan ketidaknetralan oknum Panitia Penyelenggara dan juga oknum anggota BPD, Calon Kepala Desa (Cakades) Nomor Urut Lima (5) Suharto melaporkan oknum tersebut ke pihak Pinitia Kecamatan Sekernan untuk dapat menindaklanjuti laporannya.

Suharto Calon Nomor Urut Lima (5) pada  Kamis (31/03/22) sore lalu, dengan menggunakan baju warna hitam dan membawa map warna putih, berisi bukti bukti keterlibatan BPD, Pantia Pilkades dan juga ada beberapa RT ikut terlibat memenangkan salah satu Calon Kades. Bukti bukti keterlibatan para oknum tersebut diserahkannya ke pihak Kabupaten.

Kepada sejumlah awak media, Suharto mengaku dicurangi. Ia dengan tegas meminta agar Panitia Kecamatan dan Panitia Kabupaten dapat memproses laporan yang dilayangkannya itu. 

Dijelaskannya, bukti bukti keterlibatan kecurangan yang dilakukan oleh Panitia, BPD dan Beberapa Ketua RT tersebut ada yang berupa rekaman video dan ada juga berupa poto poto serta cat Whatsapp. 

"Bukti keterlibatannya bisa dilihat berbentuk video tik tok, durasi nya lumayan panjang, kemudian ajakan mencoblos nomor urut 4 (empat) dengan tujuan untuk menyuruh masyarakat mencoblos Kades lain yang notabene saat ini unggul dalam pelaksanaan pilkades tersebut. Semua sudah saya screenshoot dan saya serahkan ke Panitia Kecamatan untuk segera ditindaklanjuti," sebutnya.

Dengan laporan tersebut, dirinya berharap panitia Kecamatan bisa menindaklanjuti dan memberikan sanksi tegas terhadap panitia pelaksanaan pilkades tersebut.

"Saya tidak memprotes hasil Pilkades tapi yang mau saya protes itu kenapa ada panitia yang secara terang-terangan mengajak warga untuk mencoblos salah satu calon kades," imbuhnya.

"Untuk hasil, saya legowo. Yang jelas sekarang kita laporkan dulu," sambungnya.

Terpisah, Kasi Pemerintahan Camat Sekernan Ismail yang juga sebagai Panitia Pilkades Tingkat Kecamatan ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa ada salah satu calon kepala desa dari Bukit Baling yang melaporkan terkait dugaan keterlibatan oknum BPD dalam Pilkades Beberapa hari lalu. Katanya, laporan ini dia terima dan akan dilaporkan kepada Camat Sekernan.

"Sampai saat ini baru satu inilah laporan yang masuk kepada kita," katanya. (Jar)